Friday, November 1, 2019

5 Kisah Inspiratif Kehidupan Nyata yang Memotivasi

5 Kisah Inspiratif Kehidupan Nyata yang Memotivasi






















Saat menjalani hidup, terkadang kamu merasa lelah, jenuh, bahkan hampir menyerah. Namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan semangatmu. Salah satunya adalah membaca kisah inspiratif kehidupan nyata yang bisa kamu simak selengkapnya berikut ini.

Apakah kamu sedang mencari cara untuk mengembalikan semangatmu yang meredup didera permasalahan hidup? Selain membaca kata-kata motivasi, menyimak berbagai kisah inspiratif kehidupan nyata bisa kamu lakukan untuk membuatmu bersemangat lagi.

Melalui kisah-kisah ini, kamu bisa mengambil pelajaran hidup yang memotivasimu. Di sini, kamu akan membaca tentang perjuangan orang-orang sukses yang tidak mudah. Dibutuhkan tekad, keberanian, dan keteguhan hati untuk dapat meraih kesuksesan tersebut.

Apalagi untuk kamu yang sedikit-sedikit mengeluh jika menghadapi cobaan, beberapa kisah inspiratif kehidupan nyata ini juga akan membuatmu menjadi sadar untuk selalu bersyukur. Karena di luar sana, masih banyak orang yang tidak seberuntung dirimu.

Tak hanya itu saja, di sini juga ada kisah-kisah tentang kemanusiaan yang menyentuh dan membuatmu terharu. Semoga setelah membaca kisahnya, hal tersebut bisa mengubah dirimu menjadi semakin lebih baik.

Kamu pasti sudah tidak sabar lagi untuk membaca berbagai kisah inspiratif kehidupan nyata ini, kan? Kalau begitu langsung saja simak cerita selengkapnya di bawah ini. Selamat membaca, ya!

1. Kisah Kehidupan Nyata yang Inspiratif dari Stephen Hawking

Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan asal Inggris yang lahir pada 8 Januari 1942 dari pasangan Frank dan Isobel Hawking. Beliau adalah anak pertama dari empat bersaudara yang tumbuh besar di Kota St. Alban, London. Meskipun semasa hidup beliau dikenal sebagai orang yang sangat cerdas, tapi ketika masih kecil beliau dikenal sebagai murid yang malas.

Namun, hal itu berubah ketika beliau mengenal Dikran Tahta yang merupakan guru matematikanya. Hawking sangat mengagumi Mr. Tahta karena bisa membuat pelajaran matematika yang begitu membosankan menjadi menyenangkan. Dari gurunya itu pula, dia terinspirasi untuk menjadi seorang guru besar matematika di Universitas Cambridge.

Diawali dengan kecintaan terhadap matematika itulah beliau menjadi belajar lebih rajin untuk menggapai cita-citanya. Dengan bantuan Mr. Tahta, beliau pun berhasil merakit komputer menggunakan bagian mekanik jam, papan kabel telepon yang sudah tidak terpakai, dan banyak lagi komponen daur ulang yang lain. Keren, ya?

Melihat kecerdasan sang anak, orangtuanya pun menyarankan Stephen untuk berkuliah di Oxford. Meskipun sangat menyukai matematika, di universitas tersebut beliau mengambil jurusan Fisika dan Kimia karena belum ada jurusan Matematika di sana. Beliau pun berhasil masuk di Universitas Oxford pada tahun 1959, ketika usianya hanya 17 tahun saja.

Setelah lulus dari Oxford, Stephen kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan kosmologi di Universitas Cambridge. Sayangnya ketika berusia 21 tahun, beliau didiagnosa menderita Amytrophic Lateral Sclerosis (ALS), yaitu penyakit yang melemahkan otot dan merusak fungsi otak. Dokter juga mengatakan bahwa sisa umurnya mungkin tidak akan lama lagi.

Setelah mendapatkan diagnosa itu, beliau mengalami depresi dan merasa hidupnya tidak berguna lagi. Tapi, dengan dukungan orang-orang di sekitar, beliau berhasil mengatasi itu semua. Meskipun hidup di atas kursi roda dengan segala keterbatasannya, beliau mampu menghasilkan banyak karya demi kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah Teori Big Bang.

Nah... Dari kisah inspiratif kehidupan nyata tokoh dunia ini, kamu bisa belajar untuk mempercayai kekuatan mental dan pikiranmu sendiri. Stephen Hawking tidak menjadikan penyakitnya sebagai sebuah halangan untuk tidak melakukan apa yang diinginkan. Hal tersebut justru membuat beliau menjadi lebih semangat untuk berbuat yang lebih lagi untuk banyak orang.

Kalau beliau yang memiliki keterbatasan saja bisa melakukan hal yang besar, kamu tentu juga bisa melakukan hal yang sama. Tidak harus sampai melakukan hal besar untuk seluruh umat manusia, melakukan perbuatan yang baik untuk sekitarmu saja sudah bagus.

2. Merawat Orangtua yang Sakit

























Qianqian adalah seorang anak perempuan berumur tiga tahun asal Ruzhou, Provinsi Henan, Tiongkok. Di saat anak-anak sebayanya sedang asyik-asyiknya bermain, balita ini harus merawat ibunya, Wang Huixian, yang lumpuh. Sang ibu tidak bisa berjalan lagi setelah menjadi korban tabrak lari.

Mungkin di benakmu bertanya-tanya di mana keberadaan ayahnya atau kerabat dan kenapa mereka tega membiarkan anak sekecil itu sendirian mengurus sang ibu. Ternyata, nenek dan kakek Qianqian telah meninggal dunia, sedangkan ayahnya yang sudah bercerai dari ibunya sudah pergi entah ke mana.

Layaknya orang dewasa yang mengurus orang sakit, Qianqian pun mengambilkan makanan dan menyuapi sang ibu, memberinya minum, bahkan membuang kotoran. Kondisi yang seperti ini membuat Wang Huixian menangis. Dia sebenarnya tidak tega membiarkan putrinya melakukan hal-hal tersebut untuknya, tapi dia tak punya pilihan lain.

Beruntungnya ada seseorang seseorang yang merekam kisah Qianqian dan membagikannya ke media sosial. Video tersebut kemudian viral dan banyak warganet yang tergerak untuk membantu bocah malang tersebut. Hasil donasi yang terkumpul digunakan untuk biaya operasi Wang agar cepat sembuh dan Qianqian bisa menjalani kehidupan normal layaknya anak seusianya.

Masih ingatkah kamu hal apa saja yang sering kamu lakukan saat berumur tiga tahun? Mungkin tidak, tapi kebanyakan anak-anak yang berusia itu menghabiskan waktunya untuk bermain. Sayangnya, hal itu tidak bisa dinikmati oleh Qianqian. Di saat teman sebayanya menghabiskan waktu untuk bermain, dia malah harus merawat ibunya yang sakit.

Kira-kira, pelajaran apa yang bisa kamu petik dari kisah nyata kehidupan yang inspiratif ini? Salah satunya adalah untuk senantiasa bersyukur dengan apa yang dimiliki, terlebih jika kamu masih mempunyai orangtua yang lengkap dan sehat.

3. Kisah Nyata Inspiratif Kehidupan Oprah Winfrey














Oprah Gail Winfrey atau yang lebih dikenal dengan Oprah Winfrey adalah seorang presenter dan pebisnis sukses di Amerika Serikat. Dia lahir pada 29 Januari 1954 dari pasangan Vernon Winfrey dan Vernita Lee.

Di balik kesuksesannya, wanita ini harus mengalami banyak kejadian pahit yang membentuknya menjadi pribadi kuat seperti sekarang. Kedua orangtuanya bercerai dan membuat Oprah harus tinggal bersama dengan neneknya. Ketika tinggal bersama dengan sang nenek, Oprah kecil dididik dengan begitu keras. Namun berkat didikan keras tersebut, dia sudah mampu berbicara dan berani tampil di depan banyak orang padahal usianya baru tiga tahun.

Saat usianya menginjak enam tahun, Oprah kembali tinggal dengan sang ibu yang telah menikah lagi. Meskipun begitu, kehidupannya pun tidak terlalu membaik karena sang ibu sibuk bekerja dari pagi hingga malam, sehingga dia merasa kurang mendapatkan kasih sayang. Untuk menarik perhatian ibunya, dia bahkan sering kabur dari rumah.

Keadaan tersebut diperparah dengan pelecehan seksual yang dialami Oprah saat berusia sembilan tahun. Hal yang mengerikan tersebut terjadi selama beberapa tahun dan membuatnya hamil pada usia 14 tahun. Dengan menanggung beban psikis yang begitu berat, dia berjuang untuk melahirkan bayinya. Sayangnya, bayi tersebut hanya mampu bertahan hidup selama dua minggu saja.

Titik balik hidup Oprah terjadi ketika dirinya tinggal bersama dengan Vernon, ayahnya. Kepribadian sang ayah yang tegas dan disiplin membuatnya takut sehingga dia bertekad untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Perubahan tersebut tentunya tidak mudah, tapi dengan kebulatan tekad, akhirnya dia bisa melakukannya.

Tak hanya menjadi murid berprestasi di sekolah, Oprah juga berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah. Karena kemampuan berbicaranya di depan publik sangat baik, dia bisa memulai kariernya sebagai penyiar berita di sebuah radio lokal saat berumur 17 tahun. Tak sampai di situ saja, dia kemudian ditarik menjadi pembawa berita di sebuah stasiun TV lokal dan menjadi presenter wanita berkulit hitam termuda di sana.

Pada tahun 1984, dia membawakan acara talk show-nya sendiri, yaitu A.M. Chicago yang membuatnya menjadi semakin terkenal di Amerika. Dua tahun kemudian, dia memulai acara talk-show barunya, The Oprah Winfrey Show yang disiarkan di 126 negara.

Masa lalu yang dijalani oleh Oprah memang tidak mudah. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bukti nyatanya bisa kamu lihat sendiri bahwa sekarang dia menjadi presenter yang tak hanya terkenal di Amerika, tapi seluruh dunia.

Melalui kisah inspiratif dari kehidupan nyata orang sukses ini, kamu bisa memetik sebuah pelajaran bahwa hidupmu tidak akan berakhir hanya karena masa lalu yang kelam. Dengan catatan, kamu jangan terus menerus terpuruk dan menyesalinya, tapi harus bangkit dan bersiap menyambut masa depan yang baru. Tidak mudah memang, tapi kalau kamu mempunyai tekad yang kuat pasti akan dibukakan jalan.

4. Rambut Membeku demi Pergi Sekolah














Wang Fuman adalah seorang anak yang berasal dari Kota Shaotong, Provinsi Yunan, Cina. Memasuki awal tahun 2018, suhu kota tersebut mulai dingin dan mencapai -9º C. Meskipun begitu, dia tetap menjalankan aktivitasnya, yaitu pergi ke sekolah.

Karena menempuh jarak sejauh 4,5  kilometer, anak laki-laki ini harus bangun pagi-pagi sekali agar sampai di sekolah tepat waktu. Jarak yang jauh tersebut dilaluinya dengan berjalan kaki selama satu jam. Tidak ada pakaian khusus yang digunakan untuk menghangatkan badannya yang mungil itu, kecuali mantel yang sudah usang.

Setibanya di sekolah, Wang Fuman ditertawakan oleh teman-temannya karena rambutnya menjadi membeku. Jika dilihat sekilas, dia seperti tokoh kartun yang menggemaskan. Fotonya pun menjadi viral di dunia maya dan warganet memanggilnya ‘Snowflake Boy’.

Di balik kisah viralnya tersebut, diketahui bahwa Wang adalah seorang anak dari keluarga miskin. Hal itu terlihat dari pakaian yang dipakainya. Dia pun menuturkan hanya mempunyai tiga buah jaket saja.

Kedua orangtuanya pergi merantau ke kota untuk bekerja sehingga mengharuskannya untuk tinggal bersama dengan nenek dan kakaknya. Kehidupan sehari-harinya pun jauh dari layak, setiap hari keluarga Wang hanya bisa makan sayuran atau daun-daun yang bisa ditemukan di sekitar rumah mereka.

Kisah tersebut menyentuh banyak hati netizen dan bantuan pun datang untuk keluarga Wang. Tak hanya itu, hal itu juga menjadi berkah untuk warga lain yang juga mempunyai kondisi yang sama dengannya, mengingat daerah tersebut memang daerah lingkungan miskin.

Cita-citanya begitu sederhana, dia ingin terus sekolah sehingga bisa menjadi polisi dan bisa menangkap penjahat. Warganet pun mendoakan supaya Wang dapat mewujudkan cita-citanya.

Apa yang ada di benakmu setelah selesai membaca kisah inspiratif kehidupan nyata yang bisa diberikan untuk siswa ini? Bagi yang suka malas-malasan pergi ke sekolah atau bolos, pasti akan membuatmu berpikir ulang dengan tindakanmu itu. Fasilitas yang kamu punya lebih lengkap, tapi masih saja malas sekolah.

Nah sebaiknya, gunakanlah fasilitas yang kamu dapat dari orangtua dengan baik. Karena di luar sana, masih banyak anak-anak yang tidak seberuntung dan mempunyai kehidupan yang layak sepertimu.

5. Kisah Nyata Inspiratif Kehidupan Jack Ma





















Jack Ma terlahir pada tanggal 10 September 1964 di Provinsi Hangzhou. Pria ini melalui masa kecil yang tidak mudah karena berasal dari keluarga yang kurang mampu. Dia pun memutar otak supaya dapat menjadi orang yang sukses.

Saat umurnya 12 tahun, Jack Ma berusaha mempelajari bahasa Inggris secara autodidak dengan mendengarkan siaran radio. Tak hanya itu, setiap hari dia pergi ke Distrik West Lake untuk bertemu dengan turis asing dan menawarkan menjadi pemandu gratis supaya dia bisa berlatih bahasa Inggris. Hal tersebut dilakukannya kurang lebih selama delapan tahun.

Ketika mendaftar di perguruan tinggi, Jack Ma sempat ditolak berkali-kali oleh universitas pilihannya. Namun, dia tidak menyerah hingga akhirnya bisa diterima di Hangzhou Teachers Institute pada tahun 1988. Sayangnya setelah lulus, dia juga banyak ditolak saat memasukkan lamaran kerja. Dia pun kemudian menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan gaji kecil di sebuah universitas.

Pada tahun 1995, Jack Ma memutuskan untuk pergi ke Amerika sebagai penerjemah. Di sana, dia bertemu dengan seorang kawan yang mengenalkannya pada internet. Saat mencari tentang Tiongkok di internet, dia tidak dapat menemukan informasinya sama sekali. Oleh karena itu, dia kembali ke negara asalnya dan membuat perusahaan yang melayani jasa pembuatan website bernama China Pages.

Usaha yang dijalankan Jack Ma tersebut bisa dibilang cukup sukses. Pada tahun 1998, dia bekerja pada sebuah departemen yang menangani penjualan produk online di bawah Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Namun pada tahun 1999, dia memutuskan untuk mundur dari pekerjaan tersebut.

Setelah itu, dia mengumpulkan beberapa temannya yang bisa diajak kerjasama untuk membuat sebuah perusahaan belanja online, Alibaba. Meskipun pada awalnya perusahaan lain tidak ada yang mau bekerja sama, tapi berkat ketekunan dan kerja keras akhirnya berkembang dengan baik. Bahkan, perusahaan teknologi tersebut mampu bersaing dengan perusahaan raksasa lain seperti Google, Apple, dan Microsoft.

Siapa, sih, yang tidak kenal Jack Ma? Pria asal Tiongkok itu adalah seorang miliarder sekaligus pemilik dari situs e-commerce besar, Alibaba. Dari kisah inspiratif kehidupan nyata Jack Ma ini kamu mengambil suatu pelajaran, yaitu untuk tidak menyerah. Jack Ma ditolak beberapa kali dari universitas yang diinginkannya, dia juga mengalami banyak penolakan saat melamar pekerjaan. Tapi, dia tidak menyerah begitu saja, bahkan terus berusaha untuk mewujudkan mimpinya.

Apakah kamu sekarang sedang kecewa karena mengalami hal yang sama? Kalau iya, sebaiknya jangan terlalu lama berkubang dalam rasa kecewamu itu. Kamu bisa saja ditolak pada hal kecil karena sudah dipersiapkan untuk melakukan hal yang besar.

Apakah kamu sudah puas membaca 5 kisah inspiratif yang diambil dari kehidupan nyata di atas? Semoga setelah membaca kisah-kisah tersebut, kamu semakin termotivasi untuk menjadi sukses seperti mereka. Kalau mereka bisa, kamu juga pastinya bisa, dong.



No comments:

Post a Comment

Since I am not a professional translator and I just try to translate the lyrics on an interest base.
Therefore, please be noted that I may get some meanings/ lyrics translated wrong due to personal subjectivity. Sorry for that and hope that you have enjoyed my blog.