Ads

Kumpulan Kata Mutiara Bahasa Mandarin dan Artinya

1. Kumpulan Kata Mutiara Bahasa Mandarin dan Artinya
Pada hakikatnya, bahasa kata mutiara merupakan sebuah karya sastra yang mana memiliki fungsi untuk memberikan motivasi-motivasi kepada seseorang, entah itu diri sendiri atau pun orang lain. Kata mutiara ini dirangkai sedemikian rupa agar dapat menggetarkan hati seseorang itu untuk bersemangat dan bangkit dari keterpurukan.


Kata mutiara bisa dikatakan dengan sihir sederhana yang dapat membantu kita untuk memunculkan semangat dalam merealisasikan niat yang lama berhenti. Selain itu, energi – energi positif dalam diri kita pun akan senantiasa muncul sehingga tidak ada kata menyerah dalam diri orang yang telah mendengar kata-kata mutiara itu.

Keindahan kata-kata yang dirangkai dalam kata mutiara ini pun jga dapat menyejukkan hati siapa saja yang mendengarnya. Bagaimana dengan kata mutiara dalam bahasa Mandarin? Tentu saja kata-kata bahasa Mandarin tersebut juga dapat menyejukkan hati serta memunculkan semangat bagi pendengarnya, yang juga paham bahasa Mandarin.

1. 学问渊博的人,懂了还要问; 学问浅薄的人,不懂也不问
Xué wèn yuān bó de rén, dǒng le hái yào wèn; xué wèn qiǎn bó de rén, bù dǒng yě bù wèn

Highly knowledgeable people are those who understand and still ask questions, low knowledgeable people are those who don't understand and don't want to ask.

Orang-orang yang berpengetahuan tinggi adalah mereka yang mengerti dan masih bertanya, orang-orang yang berpengetahuan rendah  adalah mereka yang tidak mengerti dan tidak mau bertanya.



2. 一天不练手脚慢,两天不练丢一半,三天不练门外汉,四天不练瞪眼看
Yī tiān bù liàn shǒu jiǎo màn, liǎng tiān bù liàn diū yī bàn, sān tiān bù liàn mén wài hàn, sì tiān bù liàn dèngyǎn kàn

One day of not training will be slow, Two days of not training half the knowledge is lost. Three days doesn't train to be a layman, Four days doesn't train just seeing.

Satu hari tidak melatih akan menjadi lambat, Dua hari tidak melatih setengah ilmunya hilang. Tiga hari tidak melatih menjadi orang awam, Empat hari tidak melatih hanya melihat saja.



3. 如果你花时间说服不爱你爱你是谁的人,你抓紧时间爱谁爱你的人。
Rúguǒ nǐ huā shíjiān shuōfú bù ài nǐ ài nǐ shì shuí de rén, nǐ zhuājǐn shíjiān ài shuí ài nǐ de rén.

If you spend time convincing people who don't love you to love you, you are losing time to be loved by those who love you.

Jika kamu habiskan waktu yakinkan orang yang tak cintaimu untuk mencintaimu, kamu kehilangan waktu untuk dicintai orang yang mencintaimu.



4.有时候,你不懂得欣赏爱你,全心全意谁的人,直到,直到你失去它。当时,这是没用的,因为后悔也不用心碎一次。
Yǒu shíhou, nǐ bù dǒngde xīnshǎng ài nǐ, quánxīnquányì shuí de rén, zhídào, zhídào nǐ shīqù tā. Dāngshí, zhè shì méi yòng de, yīnwèi hòuhuǐ yě bùyòngxīn suì yīcì.

Sometimes you do not appreciate the person who loves you wholeheartedly, until you lose it. At that moment, there was no need to regret because he left without breaking his heart again.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa patah hati lagi.



5. 生活在继续增长。如果我们停止生长,身体上和精神上,我们都与死者同
Shēnghuó zài jìxù zēngzhǎng. Rúguǒ wǒmen tíngzhǐ shēngzhǎng, shēntǐ shàng hé jīngshén shàng, wǒmen dōu yǔ sǐzhě tóng

Life continues to grow. If we stop growing, physically and mentally, we are the same as the dead.

Kehidupan terus berkembang. Jika kita berhenti berkembang, secara fisik dan mental, kita sama saja dengan orang mati.